Irjen. Pol. Ahmad Luthfi Tekankan Pencegahan Hoaks dan Kampanye Hitam di Acara Kamtibmas Salatiga

 


Salatiga - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St.Mk., menghadiri acara Silaturahmi Kamtibmas bersama Pemerintah Kota Salatiga yang diselenggarakan di Hall Meeting PT Unza Vitalis, Kota Salatiga, Pada Senin 27 Mei 2024. Acara yang berlangsung ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting dan masyarakat setempat.

Dalam acara tersebut, Penjabat Walikota Salatiga, Yasip Khasani, S.IP., M.M., mengawali sambutan dengan membacakan sebuah puisi sebagai bentuk penghormatan atas kedatangan Kapolda. “Dari Batang ke Salatiga nginapnya di hotel Laras Asri. Selamat datang bapak Kapolda. Semoga sukses dan diberkahi,” ucap Yasip yang disambut tepuk tangan meriah dari hadirin.

Kapolda Jateng, dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran kepemimpinan yang teruji saat menghadapi masalah. “Pemimpin itu teruji bila dihadapkan dengan masalah, kemudian mengambil keputusan dan mampu mengamankan, baru kelihatan dia itu petarung (pemimpin sejati) atau ayam sayur,” ujar Kapolda Jateng.

Lebih lanjut, Kapolda menekankan bahwa rasa aman adalah hak setiap warga dan merupakan investasi penting dalam pembangunan. “Kota Salatiga aman tidak ujug-ujug datang begitu saja, tapi juga berkat masyarakat yang mempunyai sense of crisis terkait dengan potensi wilayah, dan asas gotong royong tepo seliro. Ini harus kita jaga seperti saat dulu kita menangani Covid-19,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda juga menjelaskan bahwa Polda Jateng telah membentuk beberapa satgas, antara lain Satgas Manajemen Media, Satgas Manajemen Sosial, dan Satgas Manajemen Kemitraan. Satgas-satgas ini bertujuan untuk menjaga kondusifitas di dunia maya menjelang Pilkada. “Serangan media sosial sangat efektif memecah belah dalam bentuk hoaks dan kampanye hitam, sehingga perlu Satgas Manajemen Media untuk melakukan penetrasi agar masyarakat tidak terus memanas,” ungkap Kapolda.

Kapolda juga menegaskan pentingnya menjaga situasi yang kondusif selama pemilu. “Situasi saat pemilu bisa memanas, tapi tidak boleh ada konflik komunal maupun horizontal,” tegasnya.

Selain itu, Kapolda berpesan agar tiga pilar – pemerintah, TNI, dan Polri – harus mampu mengendalikan wilayah di tingkat desa untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). “Tidak ada sejengkal tanah pun yang tidak pernah disentuh oleh tiga pilar,” pungkasnya.

Sebelum acara berakhir, seorang peserta menyampaikan rasa bangga dan harapan besar masyarakat atas kunjungan Kapolda Jateng, yang dianggap sangat dinantikan. Masyarakat merasa senang dapat bertemu langsung dan mencurahkan apa yang dirasakan kepada Kapolda.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Forkopimda, Dandim, Pj. Walikota, Ketua DPRD Kota Salatiga, seluruh camat, lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha, dan perwakilan Senkom Salatiga. Wakil Ketua Senkom Salatiga, Agung Setyawan, S.T., Sekretaris Wahyu Fromusko, S.E., dan Bendahara Senkom Salatiga Ibnu Muslim hadir mewakili Ketua Senkom Salatiga Suyitno, S.Pd., yang berhalangan hadir. (nur/ ghoni)

Lebih baru Lebih lama
Liputan Keren