Senkom Karanganyar Mengikuti Upacara Hari Kesiapsiagaan Bencana Bersama Bupati

 


PJ Bupati Karanganyar Menggelar Upacara Hari Kesiapsiagaan Bencana di Lanjutkan Menyerahkan Dana Hibah.

KARANGANYAR - Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar bergabung bersama Forkopimda dan 80 potensi relawan di Karanganyar melaksanakan upacara Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Karanganyar pada, Jumat 26 April 2024.

Apel diikuti pegawai BPBD, unsur organisasi relawan serta camat. BPBD juga menyerahkan dana hibah ke sejumlah organisasi relawan serta yayasan sosial. 

Dikutip LLDIKTI3, Hari Kesiapsiagaan Bencana merupakan acara nasional tahunan yang diinisiasi BNPB. Peringatan HKB telah dilakukan sejak tahun 2017, hal tersebut dilatarbelakangi oleh UU yang ditetapkan 10 tahun sebelumnya.

Sejak tahun 2017, BNPB melalui Hari Kesiapsiagaan Bencana selalu mengedepankan aksi nyata serta menjadi momentum untuk membangun budaya sadar bencana dimana masyarakat melakukan evakuasi secara mandiri secara rutin.

Pj Bupati Karanganyar Timotius suryadi mengatakan, dalam sambutannya mengatakan, kesiapsiagaan bencana menjadi tanggung jawab bersama, antara pemerintah dan elemen masyarakat.

"HKB tahun 2024  ini menjadi momentum untuk meningkatkan budaya sadar bencana, mendorong ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, sejalan dengan tema yang diusung yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Hebat," katanya.

Masyarakat didorong melakukan evakuasi mandiri saat terjadi bencana alam. Dalam hal ini, pembentukan desa tanggap bencana (Destana) menjadi urgen untuk mengedukasi mayarakat. 

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana Harian Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Hendro Prayitno usai apel Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 di halaman kantor bupati Karanganyar.

Ketua Senkom Karanganyar H Joko Sutrisno, S.H., M.M menyampaikan saya sangat mendukung penuh upaya pemerintah yang selalu menekankan siap siaga dalam menghadapi kebencanaan, kita tidak tahu apa yang akan terjadi namun apabila ada sssuatu karena kita sudah bersiap dengan ilmu kebencanaan.

"Senkom selalu diberikan Diklat dengan menggandeng BPBD untuk membekali ilmu tentang tanggap bencana insyaalloh semua takdir akan bIsa kita jalani dengan baik.  yang penting semua saling kerjasama tetap tenang tidak usah grusa grusu dalam menghadapi kebencanaan," pungkasnya.

Lebih baru Lebih lama
Liputan Keren